Motivasi

Jalan menuju keberhasilan adalah dengan mengambil langkah besar dan penuh ketetapan hati.

Pengertian Port
Tuesday, 20 July 2010 09:32

Banyak sekali kita mendengar berita-berita yang mengatakan bahwa suatu situs, suatu komputer atau suatu server bisa di terobos melalui port yang terbuka. Menyerang sebuah komputer juga selalu dilalui dengan melihat port-port yang terbuka, kemudian melakukan serangan. Intinya, hacker selalu masuk melalui port yang terbuka. Karena hal ini, banyak yang kemudian bertanya "kenapa tidak tutup saja semua port yang terbuka?" Benar, dengan menutup semua port yang terbuka atau mencegah port terbuka, otomatis anda akan aman dari hacker. Lalu kenapa tidak kita tutup semua port? atau mungkin lebih tepat, bagaimana melakukannya?

Dapat saya terangkan; Terdapat dua macam port di komputer, yaitu port fisik dan port logikal. Port fisik anda bisa lihat secara langsung yaitu COM1, COM2, Parallel, USB, VGA dan lainnya. Ini adalah port fisik, sedangkan port logikal adalah anda bisa bayangkan sebagai sebuah pintu pada system operasi anda. Pintu ini berfungsi untuk anda berkomunikasi keluar, beli rokok ke warung atau sekedar lihat-lihat dunia luar, namun pintu ini juga bisa digunakan oleh pencuri untuk masuk ke rumah anda. Jadi jika anda menutup semua port yang ada pada PC anda, di jamin pencuri (hacker) tidak akan bisa masuk ke PC anda, dan di pastikan juga anda tidak akan bisa kemana-mana, karena semua pintu di tutup.

 

Dengan menutup semua port, anda tidak akan bisa chating, browsing, email dan seribu macam fasilitas lainnya, karena semua layanan tersebut memelukan pintu (port) untuk bisa berkomunikasi dengan PC anda. Sebagai contoh, saat anda browsing ke situs www.microsoft.com misalnya, komputer anda akan membuka port diatas 1024 secara acak yang dipilih oleh system operasi dan akan membuka port 80 pada situs www.microsoft.com. Terdapat dua port yang di buka, yaitu port di komputer anda dan port pada server www.microsift.com. Port pada pc terdiri dari port 0-65535, masing-masing port (pintu) memiliki fungsinya masing-masing, misalnya port 25 berfungsi untuk outgoing email dari PC anda, misalkan setiap anda mengirim email PC anda akan selalu menggunakan port 25 untuk keluar, sedangkan port 110 berfungsi untuk menerima email, jadi setiap anda menerima email dari luar selalu menggunakan port 110. Dan semua port tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing. Terkadang secara default Operating system anda akan membuka beberapa port untuk berkompunikasi dengan dunia luar. Itulah fungsi port! :) semoga bermanfaat.

Share this post