Motivasi

Kesempatan akan mendatangi mereka yang berpikir siap.

Memilih hosting yang baik
Monday, 05 July 2010 13:00

Ternyata hal yang sulit menentukan hosting (shared hosting, tepatnya) yang baik. Googling sana-sini, malah semakin bingung untuk memilih. Baca review hosting, isinya campuran antara yang frustasi dan yang puas. Hal ini terjadi pada saya hari ini. Blog ini kebetulan di server lokal IIX yang sedang kehabisan bandwidth International. Mau tidak mau, ya terpaksa mencari ke luar, karena beberapa free wordpress theme saya jadi sulit diakses dari luar negeri.

 

Mengapa situs kita lambat diakses?
Hampir di semua perusahaan hosting yang menengah sampai besar, mereka tidak hanya meiliki 1 shared server, namun beberapa server. Nah jika kita kebagian salah satu server yang sibuk, tentu saja situs kita jadi lelet dan lansgung marah-marahin customer servicesnya. Apalagi kalau servernya down untuk beberapa jam.
Berdasarkan pengalaman saya membangun 2 tempat hosting, hal-hal penyebab utama yang menyebabkan server jadi lelet adalah:
Yang paling utama yang menyebabkan situs kita lambat di share hosting adalah kehabisan resource. Resource (processing time, bandwidth) yang dimakan oleh tetangga kita yang rakus (yang juga hosting di server yang sama), tentunya akan secara langsung memperlambat web kita. Itu sebabnya juga, hosting berbayar tidak pernah mengijinkan content yang illegal serta situs dewasa, karena penggunaan bandwidth yang keterlaluan. Jadi kalau anda kebetulan kebagian hosting yang satu server dengan situs yang sibuk, maka anda akan kena getahnya, situs anda ikut lambat.
Update pada server web tempat kita hosting (OS, control panel, aplikasi) kadang tidak berlangsung mulus. Kadang-kadang menyebabkan kelambatan server. Biasanya ini baru bisa diperbaiki sampai mereka mendapatkan update berikutnya
Tetangga hacker yang kurang ajar. Di antara tetangga kita dalam satu server ada hacker yang suka ngusilin tetangganya. Control panel yang jelek (versi lama dsb) akan kebobolan dalam menjaga sekuriti setiap situs didalamnya. Dengan sistem keamanan yang buruk (permission dll), kita dapat dengan mudah mengakses penuh situs-situs tetangga dalam satu server, hanya dengan script sederhana. Silahkan lihat panduan memilih hosting yang baik

Share this post