Motivasi

Pencapaian terbesar pada mulanya dan selama beberapa waktu adalah sebuah mimpi. Pohon ek tidur di dalam bijinya; burung menunggu dalam telurnya; dan dalam bayangan jiwa tertinggi, malaikat yang terjagapun bergerak. Impian adalah persemaian kenyataan.

Lenovo Z400 access bios
Tuesday, 06 August 2013 05:07

Pagi ini saya baru dapat Notebook Lenovo Z400 i7 memory 4GB, free DOS. Saya mencoba untuk install windows 7 64bit Original, setelah saya hidupkan dan tekan F1 untuk masuk bios tidak bisa, tekan Del juga tidak bisa, waktu pertama hidup lansung saya tekan F12 juga tidak bisa, akhirnya pusing juga. Saya coba boot dari DVD dan USB, masih tetap tidak mau baca. Saya googling juga tidak ada, website forum lenovo sedang maintain. hm gimana ya?

 

Kemudian saya tinggal dulu untuk sholat dhuha, bulan ramadhan harus banyak2 beramal, termasuk di bulan lainnya :). Setelah saya tinggal beberapa lama, saya coba lagi supaya Lenovonya bisa boot dari DVD untuk install win7 nya. Coba lagi untuk tekan F1 dan F12 saat notebooknya dihidupkan tetap tidak bisa, ada pesa "DVD has blocked by policy security" Hm... gimana ya? masa saya hanya untuk install win7 harus bawa ke toko komputer?

Kemudian saya tinggal lagi untuk sholat Zuhur. Kerja kalau di plototin kadang-karang malah semakin sulit. Setelah selesai sholat zuhur dan santai sejenak. saya lihat secara detail seluruh hardware notebook, ternyata Notebook Lenovo Z400 battery nya tidak bisa di copot, alias menyatu dengan notebook. trus saya puterin inchi demi inchi. Dan... akhirnya saya melihat tombel kecil di dekat colokan powernya, sebenarnya bukan tombol, karena tidak ada tonjolan seperti tombol pada umumnya, lebih mirip tombol reset. Saat saya tekan tombol tersebut dengan tusuk gigi (karena tombolnya kecil) notebook nya langsung hidup dan... langsung masuk ke BIOS nya. Alhamdulillah......  tinggal di otak atik dikit di BIOS nya langsung bisa boot dari DVD.  Selesai!

 

 

Share this post