Motivasi

Orang yang paling bahagia tidak terganggu oleh apakah kehidupan ini adil atau tidak. Mereka memanfaatkan saja dengan sebaik-baiknya, apa yang mereka miliki. Dan apakah kehidupan "adil?" Mungkin tidak. Akan tetapi, tidak menjadi soal mengapa!

Membuat Intraweb dengan Ubuntu Server 12.04
Thursday, 25 April 2013 07:41

Ada beberapa kesulitan yang saya hadapi waktu membuat webserver dengan ubuntu server 12.04, namun sebelum ke sana, mari kita siapkan dulu alat dan bahannya;

 

  1. Satu unit komputer untuk dijadikan server, kebetulan dalam kakus ini saya akan membuat intraweb (web untuk internal perusahaan). Jadi hardwarenya tidak perlu terlalu tangguh.
  2. Download ubuntu server versi terakhir, filenya dalam bentuk iso, setelah itu langsung di burn ke CD.
  3. Install seperti biasa, disarankan untuk mengconfigure ip addressnya langsung, sehingga bisa terhubung ke internet
  4. Setelah selesai installasi - ubuntu server - kita cek, apakah kebutuhan webservernya sudah ada, caranya adalah; diclient webserver ketik "http://localhost/" jika muncul tulisan "It's Work" berarti sudah OK, namun jika belum, lanjut kelangkah berikutnya
  5. Install Lamp-Server dengan cara "sudo apt-get install lamp-server" kemudian ubah hak akses di /var/www dengan "sudo chmod -R 777 /var/www"
  6. Kemudian restart apache nya dengan perintah "sudo service apache2 restart"
  7. Cek lagi apakah webserver sudah siap di gunakan, dengan cara "http://localhost/" localhost isi dengan ip address pc webserver. Seharusnya sudah muncul tulisan "It's Work"
  8. Saat nya untuk install Joomla, cara yang paling cepat dan mudah untuk install joomlah di linux ubuntu server adalah dengan mentransfer file-file joomla nya ke direktori /var/www/ di webserver. Ini bagian tersulit dan lama sekali saya mencarinya, bagaimana cara mudah untuk transfer file joomla (folder joomla) ke webserver yang notabene hanya CLI (Comman line Interface), padahal folder joomla nya ada di Flasdisk dan di PC client. Karena waktu web ini sudah jalanpun kita butuh copy file-file gambar ke server web. Dan inilah cara termudah untuk melakukannya.
  9. Download program WinSCP yang terbaru, kemudian install di PC client
  10. Sebelum menjalankan WinSCP, port 22 di webserver ubuntu nya harus open, caranya adalah dengan menginstall "openssh-server" karena service ini menggunakan port 22, caranya: pada webserver ketik "sudo apt-get install openssh-server"
  11. Kemudian jalankan program WinSCP dari pc client, ingat! gunakan username dan password waktu install pertama webserver.
  12. Setelah WinSCP jalan maka akan terbuka windows baru yang berisi; sebelah kiri folder pc client dan sebelah kanan folder pc webserver.
  13. Tinggal copy joomlah yang telah di unzip tadi ke folder /var/www/ di sebelah kiri.
  14. Sekarang coba akses "http://localhost/folderweb/" akan muncul langkah-langkah untuk install joomlah.
  15. Selesai (kalau masih bingung langsung email ke This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it )

 

Share this post