Motivasi

Misi Anda dalam kehidupan bukanlah untuk mengubaha dunia - melainkan hanya mengubah diri sendiri.

Apa itu Cloud Computing
Monday, 06 June 2011 07:53

Cloud computing adalah proses pengolahan data (apapun itu) yang dilakukan di awan (internet), Bingung? Begini: misalnya anda melakukan pekerjaan di excel, tapi karena pc anda tidak memiliki application excel, maka anda membuka browser (entah itu IE, Opera, FireFox, Safari, dll) dan mencari penyedia applikasi excel secara online, dan melakukan penyimpanan, mengedit, mengcopy dan lainnya, semua itu anda lakukan setiap hari. Semua data yang anda buat, anda simpan di penyedia excel online.  Dan anda membayar sejumlah uang terhadap penyedia excel online tersebut. Dimanapun dan kapan pun anda bisa mengakses aplikasi excel online tersebut ke alamat penyedia yang anda bayar tersebut.

 

Nah.. itu namanya Cloud Computing. Sederhana kan? Tapi aplikasi excelnya bisa anda ganti dengan aplikasi Accounting, aplikasi Sales, aplikasi Inventory, aplikasi Warehouse, Aplikasi Perbangkan dan banyak aplikasi lainnya. Intinya PC anda atau Laptop anda tidak membutuhkan installasi software untuk aplikasih apapun. Semuanya ada di cloud (internet), PC atau laptop anda cukup membuka browser, dan anda bisa menjalankan applikasi yang anda sudah beli di internet.

Keuntungan dari aplikasi ini adalah tidak dibutuhkannya instalasi software client di PC atau laptop anda. Tidak dibutuhkan maintenance aplikasi, tidak dibutuhkan maintenance Hardware, tidak dibutuhkan pembelian Hardware, tidak dibutuhkan pembelian Software (hanya sewa saja, biasanya perbulan), tidak dibutuhkan backup data lagi, Hilangnya ke khawatiran jika data hilang jika HDD rusak atau PC atau Laptop hilang atau dicuri, tidak dibutuhkan, tidak dibutuhkan maintenance server.

Lalu apa kerugiannya? Sejauh ini untuk keamanan cloud computing masih belum teruji, karena cloud computing masih applikasi email yang sudah teruji, untuk aplikasi akuntansi, aplikasi keuangan, aplikasi warehouse dan lainnya masih dalam perkembangan. Email ymail dan gmail adalah salah satu contoh cloud computing. Sampai saat ini hal yang menjadi pertimbangan adalah tentang keamanan cloud computing, seberapa aman cloud computing dari cracker? apapun yang dilakukan di cloud, keamanan merupakan pertimbangan penting. Selamat datang era cloud computing. Greathosting, GreatDomain.

 

Share this post