Motivasi

Tak cukup hanya memiliki maksud, kau harus bertindak untuk mewujudkannya.

Apa itu Website
Friday, 20 May 2011 03:32

Website adalah halaman informasi yang anda kunjungi dengan menggunakan browser di jaringan internet. Secara sederhananya bisa di gambarkan seperti ini, website merupakan suatu kumpulan informasi yang di sediakan oleh seseorang untuk berbagi. Entah itu bersifat ilmiah, hobi, bisnis dan lainnya. Tujuan dari membuat website ini bermacam-macan, bisa untuk bisnis, bersenang-senang, sekedar hobi atau hanya iseng :)

 

Website terdiri dari nama website yang sering di sebut domain misalnya www.microsoft.com, microsoft adalah nama domain, .com adalah extention domain, extention ini bisa bermacam-macam: .net  .com  .co.id  .us  .au  .web.id  .biz  .ac.id  dan masih banyak lagi. Nama domain harus di bayar setiap tahun, dan masa berlakunya hanya selama kita beli, misalnya nama domain sebeninghati.com di beli atau dibayar langsung selama 3 tahun, maka nama ini bisa kita gunakan selama tiga tahun, setelah tiga tahun jika tidak kita lakukan pembayaran lagi, makan nama domain ini tidak bisa di akses, atau bisa jadi di beli oleh orang lain. Untuk membeli nama domain bisa di search di google, banyak sekali website yang menjual nama domain. Untuk nama domain bisa suka-suka kita, hanya saja ada rule yang menentukan bahwa untuk nama domain tidak boleh ada tanda baca, atau symbol atau yang lainnya. Biasanya untuk nama domain .com harganya lebih kurang Rp 100rb/tahun. Kalau mau beli langsung tiga tahun berarti Rp 300rb.

Setelah kita memiliki nama domain, maka nama domain ini harus bisa di akses 24/7. Artinya kita butuh tempat (hosting) nama domain ini supaya bisa di akses. Untuk tempat nama domain ini biasanya disebut Hosting. Hosting ini adalah tempat kita meletakan file-file website yang sudah dibuat di komputer atau pc, setelah kita membuat website dan siap untuk upload atau di onlinekan, maka kita perlu tempat atau hosting file-file tersebut supaya bisa di akses dengan nama domain yang sudah kita beli tadi. Istilah lebih kerennya disebut dengan server. File website yang ada di komputer kita di upload ke server atau hosting supaya bisa di akses oleh pengguna internet di seluruh dunia. Nah... Hosting ini juga harus di bayar. Pembayarannya sama dengan nama domain tadi yaitu pertahun, bisa juga langsung kita beli tiga tahun sekaligus, dengan harga yang bervariasi dengan fasilitas tambahannya. Untuk hosting ini bisa dilakukan di Indonesia, atau di luar Indonesia. Banyak penyedia hosting di internet, coba saja cari di google, Harga hosting di mulai dari Rp 150rb/th untuk space 100MB dengan bandwith 2GB/bln. Pada umumnya harga hosting di Indonesia masih terbilang mahal dan minim fitur tambahan, saya lebih menyarankan untuk menggunakan hosting luar Indonesia, dengan alasan, Harga lebih murah, kualitas lebih bagus, fitur tambahan lebih lengkap, malah sangat lengkap, tehnikal support yang online 24jam serta uptime server bisa sampai 99.99%. Dan saya merekomendasikan anda untuk mempertimbangkan hosting yang ini. Ada beberapa rekan mengatakan hosting di Indonesia akan lebih cepat di akses ketimbang di luar Indonesia, jawab saya belum tentu! kenapa, kita harus tahu dulu, apakah koneksi internet kita keluar negeri dulu baru masuk ke Indonesia atau koneksi internet kita hanya di indonesia saja. Namun berdasarkan pengalaman saya, beda waktu antara hosting di luar dengan di dalam Indonesia hanya beberapa millisecond saja (tidak terasa).

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi yang ingin membuat website. GreatHosting, GreatDomain

 

 

Share this post