Motivasi

Kitalah yang mengendalikan hidup kita. Anda menentukan yang anda pikirkan. Anda memutuskan apa yang anda masukkan ke dalam pikiran anda dan dengan demikian menentukan apa yang akan anda dapatkan. Carilah orang-orang yang benar-benar bahagia! Mereka sulit sekali ditemukan! Carilah orang yang hidupnya sama sekali tidak bahagia ndan mengharapkan hidup yang cerah. Mereka juga sulit ditemukan. Sebagian besar yang kita dapatkan dalam hidup ini adalah apa yang kita harapkan.

Apa itu Netmask
Monday, 07 March 2011 13:38

Netmask atau Subnetmask adalah Kombinasi IP Address saya dan netmask saya menentukan range IP address yang terkoneksi langsung pada LAN, atau bagian yang tidak terpisahkan dari IP address untuk menentukan range IP address yang terkoneksi langsung pada LAN untuk menentukan suatu destination IP. Bingung? :)

 

Misalnya begini: Alamat mesin saya adalah 192.0.2.123. Mesin ini ingin mengirim paket ke 192.0.2.29. Bagaimana ia memutuskan apakah 192.0.2.29 bisa di kirim langsung di satu LAN atau harus melalui router? Jawabnya: TCP/IP saya menggunakan netmask pada mesin ini untuk mengambil keputusan. Kombinasi IP dan Netmask akan menentukan apakah paket ini akan di lewatkan ke router atau di kirim langsung ke tujuan? Dengan adanya netmask, maka mesin akan mengambil keputusan bahwa tujuan 192.0.2.29 bisa dikontak secara langsung tanpa melalui router. Proses keputusannya adalah:

calculate the range specified by my IP Address and my netmask
if (destination 192.0.2.29 is in this range)
/*its on my local network*/
communicate with the destination directly over the local LAN
else
/*destination is remote*/
use a router to communicate with the destination
/*covered is chapter 3*/

Contoh gabungan IP Address dengan Netmask: IP saya adalah 192.0.2.7 dan netmask adalah 255.255.255.0 maka range IP addres yang bisa langsung di kontak oleh ip saya adalah 192.0.2.0 s.d 192.0.2.255

Pada sebuah jaringan stand-alone sederhana, semua netmask haruslah sama dan semua IP address ada pada range yang sama, karena hal ini membuat semua mesin dapat berbicara langsung satu dengan yang lainnya.

 

 

Share this post