Motivasi

Cara mudah menikmati hidup yang perlu anda lakukan,
Sholatlah. Perhatikanlah yang sulit menjadi mudah.
Jika anda lapar, makanlah
Jika anda lelah, istirahatlah.
Jika tidak ada yang rusak, kenapa mesti repot memperbaiki.
Sampai anda menyadari bahwa diri anda sekarang sedang menikmati hidup

Apa itu IP Address
Saturday, 22 January 2011 03:43

IP Address adalah alamat untuk saling berkomunikasi antara dua pc atau lebih pada jaringan. Internet Protocol Address (IP Address) sering disebut dengan IP saja, ip ini terbagi dua yaitu ip local dan ip publik. Konsep ini dulu harus anda pahami dulu untuk bisa melanjutkan ke tingkat lebih lanjut. Adapun beda antara ip local dengan ip publik adalah:

ip local adalah ip yang digunakan untuk internal suatu daerah, misalnya rumah, kantor, warnet, daerah dan lain-lain. Local disini maksudnya adalah localnya komputer, bisa jadi ip local ini di gunakan untuk komunikasi antara suatu cabang perusahaan yang berbeda negara. Kok bisa? ya... karena localnya komputer adalah ip yang digunakan, setiap ip local biasanya selalu diawali oleh salah satu dari penulisan ini: 10.x.x.x dan 192.168.x.x dan 172.16.x.x dan 169.254.x.x. Setiap pc yang terhubung ke jaringan pasti memiliki ip address, nah jika ip address nya dimulai dari salah satu empat penulisan diatas, maka jaringan tersebut menggunakan ip local.

ip publik adalah ip yang digunakan untuk komunikasi di internet dan dijamin tidak ada yang sama dengan komputer yang ada di internet (yang jumlahnya bisa milyaran), ip publik ini unik untuk satu pc atau server atau notebook. Selain penulisan ip local di atas, dapat di pastikan bahwa ip tersebut adalah ip publik. Mudah kan? :)

Yang penting anda bisa memahami apa itu ip address, tidak usah dulu untuk pelajari apa itu dns, gateway, dan lainnya. Yang penting ip address itu apa, nah setelah paham tengan ip address baru beranjak ke Netmask yang merupakan pasangan dari ip address.

Share this post